FGD Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

29 October 2020    01:43    admin    43 Lihat   

Dalam rangka mendorong peningkatan layanan Unit Kerja lingkup Kementerian Pertanian terhadap layanan yang diberikan, Inspektorat Jenderal menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) untuk menyusun instrumen terhadap evaluasi pelayanan atas penyelenggaraan program/kegiatan/anggaran. Acara dipimpin oleh Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian, Hukum dan Humas Edi Puspito dan dihadiri oleh Auditor lingkup Inspektorat Jenderal pada tanggal 26 Agustus 2020 bertempat di Santika Hotel Depok.

Survei Kepuasan Masyarakat salah satu kegiatan yang dapat dipakai untuk mengukur secara komprehensif terhadap tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diselenggarakan oleh pelayan public dengan tujuan untuk dapat mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing masing unsur dalam pelayanan publik " ujar Edi.

Materi survei pelayanan berdasarkan Permentan No 19 tahun 2018 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Kerja Pelayanan Publik lingkup Kementerian Pertanian dan objek survei antara lain : masyarakat, lembaga instansi pemerintah, pelaku usaha (stakeholder).