GO-WAS : Pengawasan Intern 4.0 Ala Kementan

23 May 2019    10:18    admin    294 Lihat   

Sejalan dengan penerapan roadmap dan strategi ”Making Indonesia 4.0” yang diluncurkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, Kementerian Pertanian melalui Inspektorat Jenderal telah mengembangkan sistem pengawasan berbasis elektronik, GO-WAS. Sistem ini terdiri atas aplikasi Wistleblowing’s System, aplikasi SIGAP Protani dan E-Audit.

>>Aplikasi Wistleblowing’s System (WBS): http://www.pertanian.go.id/wbs/
Sistem pelaporan online untuk melaporkan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh atasan, teman sekerja, dan lain-lain tapi pelapor merasa sungkan atau takut identitasnya terungkap.

>>Aplikasi SIGAP Protani: http://sigap-upg.pertanian.go.id/
Sistem Pelaporan online untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pimpinan dan seluruh pegawai lingkup Kementerian Pertanian dalam melaporkan penerimaan gratifikasi non kedinasan maupun kedinasan.

>>e-Audit
Sistem kerja pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian secara elektronik. Sistem ini terdiri atas tujuh aplikasi yang mencakup seluruh program kerja Inspektorat Jenderal, antara lain; (1) e-kinerja, aplikasi pelaksanaan audit kinerja; (2) e-tujuan tertentu, aplikasi pelaksanaan audit kinerja; (3) e-reviu RKA-KL, aplikasi pelaksanaan reviu RKA-KL; (4) e-reviu LK, aplikasi pelaksanaan reviu Laporan Keuangan; (5) e-pengawalan; aplikasi pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah; (6) e-evaluasi, aplikasi pelaksanaan evaluasi kegiatan strategis; dan (7) e-monitoring LHP, aplikasi pelaksanaan pemantauan Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Jenderal.

Ke depan Inspektorat Jenderal terus berupaya mewujudkan Kementerian Pertanian sebagai wilayah bebas dari korupsi, serta mengawal kepatuhan Kementerian Pertanian pada peraturan yang berlaku melalui berbagai program dan kegiatan. Seluruh upaya dan keberhasilan yang telah dicapai ini merupakan bentuk komitmen Inspektorat Jenderal dalam mendukung pembangunan pertanian menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.