Workshop Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) BPK - RI versi 2

20 September 2019    02:49    admin    25 Lihat   

Jakarta (09/09) Dalam rangka mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan mempercepat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan terhadap temuan BPK-RI, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian kembali menggelar Workshop Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut versi 2.

Acara dibuka oleh Sekretaris Itjentan Suprodjo Wibowo dan dihadiri oleh Tim Biro Teknologi Informasi (TI) Kepala Bagian Pengembangan Sistem BPK RI Rudi Hermawan, Auditor Utama Keuangan Negara IV (AKN) BPK RI, perwakilan eselon I yang menangani Pemantauan hasil pemeriksaan lingkup Kementerian Pertanian.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap hasil tindak lanjut pemeriksaan terhadap aplikasi yang dibangun untuk memudahkan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI.
Diharapkan setiap unit kerja eselon I dapat menggunakan aplikasi SIPTL dengan mudah, sehingga perkembangan TLRHP BPK-RI bisa cepat dilaporkan dan dimutakhirkan dengan data TLRHP, sehingga semakin efektif dan efisien dalam meningkatkan penyelesaian TLRHP.

Inspektorat Jenderal selaku admin inputer dan koordinator penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan harus mampu mengoperasikan aplikasi SIPTL dengan baik, sehingga data tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK yang selama ini secara manual dapat disampaikan oleh entitas ke BPK dengan data elektronis, dan dapat diakses secara real time, “tutur Suprodjo

Paparan sosialisasi disajikan oleh Tim Biro TI BPK RI Rudi Hermawan, didampingi Kepala Bagian DPLHP Noermiendari tentang Aplikasi Portal E- Auditee SIPTL Eksternal.