• Kontak
Thursday, February 9, 2023

RAYAKAN HARI ANTI KORUPSI, KEMENTERIAN PERTANIAN AJAK GENERASI MUDA JAGA PANGAN

Jakarta–Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Kementerian Pertanian mengadakan serangkaian acara dengan tema “Generasi Muda Antikorupsi” di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (9/12). Dalam arahannya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak generasi muda untuk bergerak maju memberantas korupsi dari mulai memperbaiki dirinya sendiri.

“Idealnya, kalau kita semua mau memperbaikinya dengan cara dan langkah apa saja, maka akan menunjang hadirnya bangsa negara yang bermatabat, bergengsi, berderajat, dan sejahtera serta tidak kalah dengan negara yang lain.”

Sebagai instasi pemerintah yang bertugas untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia, Mentan SYL mengajak generasi muda untuk menolak korupsi, terutama dalam sektor pertanian. Korupsi dalam sektor pertanian dapat menjadi cikal bakal krisis pangan yang bisa merusak persatuan Indonesia.

Oleh sebab itu, dalam Kementerian Pertanian dengan menggaungkan semangat Jaga Pangan, Jaga Masa Depan sebagai bentuk komitmen antikorupsi untuk pertanian Indonesia.

“Salah satu yang bisa dilakukan adalah jaga panganmu. Pangan ini yang paling penting. Kita ini terbesar keempat di dunia loh. Kalau makananmu belum beres, apa yang bisa terjadi? Apalagi ditambah dengan korupsi? Jangan biarkan kekacauan ini terjadi di generasimu, anak-anakku,” kata Mentan SYL.

Hal serupa juga digaungkan oleh Irjen Jan Maringka. Menurutnya korupsi merupakan musuh bersama yang harus dilawan untuk menjaga kesejahteraan Indonesia di masa mendatang. Oleh sebab itu, generasi muda sebagai kunci dari masa depan perlu memiliki kesadaran terhadap pentingnya menjaga diri dari perilaku korupsi.

“Sejak dini kita sudah harus harapkan mereka untuk mengerti mulai dari cara sederhana saja hal-hal yang kesadaran yang perlu ada di tingkat generasi muda, generasi milenial, tentang bagaimana mereka taat hukum,” tambahnya lagi.

Peringatan Hakordia Kementerian Pertanian ini diawali dengan senam bersama, lomba paduan suara setingkat perguruan tinggi serta Round Table Discussion dengan tema Sinergi APIP dan APH Lawan Korupsi Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045. Acara ini diikuti oleh 15 perguruan tinggi di Indonesia sehingga menjadi kesempatan yang bagus untuk menanamkan sifat anti korupsi bagi generasi muda.

“Kampus adalah harapan dan masa depan bangsa. Kesadaran generasi muda kita harapkan dapat mewujudkan generasi muda sadar akan ketahanan pangan. Jaga Pangan, Jaga Masa Depan!” tutup Jan Maringka

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Skip to content